Senin, 14 Desember 2015

Manfaat Blog untul Bisnis Anda Semua

Sebelum membahas tentang judul di atas, ada baiknya jika kita mengetahui perbedaan mendasar antara website profil dan blog.
Website profil merupakan sebuah situs di internet yang biasanya berisi identitas profil sebuah perusahaan atau produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Sedangkan blog adalah sebuah situs internet yang kontennya lebih berkosentrasi kepada hal-hal seperti berita, tips, dan ulasan.
Katakanlah perusahaan atau bisnis Anda telah memiliki website profil yang bagus, dinamis, interaktif, dan menarik, namun itu semua belumlah cukup untuk dijadikan sebagai ‘senjata’ dalam memasarkan dan mengembangkan bisnis Anda di ‘dunia maya’. Anda juga harus memiliki sebuah blog sebagai ‘amunisi’ tambahan.
Mengapa? Berikut ini kami mencoba memberikan 14 alasan mengapa Anda juga harus memiliki sebuah blog untuk membantu pemasaran bisnis Anda.
- Murah
Blog itu murah [jika tidak mau menyebutkan gratis], dan semua orang bisa membuat blog, misalnya melalui layanan Blogger, WordPress, atau Tumblr. Namun jika Anda ingin membuat sebuah blog bisnis, maka kami menyarankan Anda untuk mendaftarkan nama domain dan paket hosting sendiri agar alamat/nama blog tersebut lebih ‘menjual’ –misalnya http://www.namabisnis.com, bukan http://namabisnis.blogspot.com.
Atau jika Anda telah memiliki domain dan hosting untuk website profil perusahaan/bisnis sendiri, Anda tinggal menambahkan sub-domain baru untuk blog bisnis Anda, contohnya http://blog.namabisnis.com atau http://www.namabisnis.com/blog.
- Mudah di-update
Website profil biasanya termasuk jenis situs yang cenderung memiliki sedikit ruang untuk melakukan update, lain halnya dengan blog. Anda leluasa meng-update dengan artikel-artikel baru, informatif, dan segar tiap harinya.
Sebagai tambahan informasi, Google memprioritaskan website yang selalu rutin melakukan update, sehingga blog mempunyai peranan penting untuk SEO website bisnis Anda.
- Search Engine Friendly
Pada dasarnya, blog itu sangat ramah dengan mesin pencarian atau yang biasa disebut dengan Search Engine Friendly [SEF] karena isi kontennya dipenuhi dengan text dan link, hanya memiliki sedikit script HTML, dan sering di-update sehingga mudah diterjemahkan oleh Google ke dalam bentuk crawlable.
- Mudah diterima di lingkungan jejaring sosial
Di dalam lingkungan jejaring sosial atau sosial media, user/pengguna biasanya sering membagikan link-link yang berisi informasi menarik baginya. Link informasi tersebut kemudian dibagikan lagi oleh user lain, dan begitu seterusnya hingga link tersebut menyebar. Bayangkan apa yang Anda peroleh jika link tersebut adalah link dari blog Anda yang, selain berisikan informasi menarik dan berguna, juga berisikan sisipan penjelasan mengenai produk Anda. Efek bola salju.
- ‘Amunisi’ online-marketing yang ampuh
Syarat online-marketing yang ampuh adalah informasi yang Search Engine Friendly [SEF] dan mudah menembus lingkungan jejaring sosial. Dan salah satu media yang memenuhi syarat tersebut adalah blog.
- Mampu menarik perhatian pelanggan
Konten yang sarat informasi dan bermanfaat bisa lebih mudah dalam usaha menarik simpati dan perhatian pembaca. Selanjutnya, link blog Anda akan dibagikan oleh pembaca ke lingkungan pergaulannya. Dengan demikian, Anda sama saja memperoleh marketing gratis untuk menarik lebih banyak pengunjung yang berpotensi menjadi pelanggan bisnis Anda.
- Tepat sasaran
Anda bisa lebih tepat membidik sasaran pasar yang sesuai dengan produk/jasa bisnis Anda menggunakan blog. Misalnya, jika Anda mempunyai bisnis toko kue, maka blog yang berisikan konten tentang tips dan resep masakan akan menarik minat pembaca yang hobi makan atau mencoba sensasi makanan-makanan baru serta pembaca dengan hobi memasak, yang bisa saja menjadi pelanggan Anda di kemudian hari.
- Berguna dalam membangun brand
Blog bisa menguatkan identitas atau profil Anda dan bisnis Anda di ‘dunia maya’. Dengan blog, Anda bisa memberikan ulasan yang lebih detil tentang bisnis Anda untuk menciptakan pengetahuan yang lebih kepada pelanggan, yang nantinya akan menciptakan rasa percaya yang lebih besar terhadap Anda.
- Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan
Kotak komentar yang ada di sebuah blog akan mendorong pembaca [dan pelanggan] Anda untuk menyampaikan pendapatnya sehingga terjalin hubungan [komunikas] yang baik antara Anda dan pelanggan. Jika telah terjalin hubungan baik dan positif, maka Anda sudah mendapatkan promoters gratis untuk bisnis Anda.
- Mendukung kegiatan sosial
Blog juga bisa digunakan sebagai alat untuk mendukung kegiatan sosial yang sedang Anda lakukan. Misalnya, jika bisnis Anda sedang berkosentrasi untuk mengkampanyekan semangat Go Green, maka Anda bisa mengisi konten blog Anda dengan tulisan-tulisan tentang Go Green secara rutin untuk menunjukkan kesungguhan bisnis Anda dalam mengusung pentingnya Go Green.
- Berbagi dengan dunia
Jangkauan ‘dunia maya’ atau internet sangatlah luas, atau bisa dikatakan hampir tidak mempunyai batasan. Informasi, tips, dan ulasan yang anda bagikan melalui blog bisa tersebar ke segala penjuru. Dengan demikian, Anda telah membagikan satu kebaikan kecil untuk dunia.
- Mengasah bakat dan kreativitas
Dengan semakin sering nge-blog, kemampuan Anda dalam menulis konten berkualitas akan semakin tajam. Tidak hanya itu, blog juga dapat membuat Anda semakin berwawasan dan kreatif.
- Mendapatkan teman baru
Dengan menjadi blogger, Anda bisa saja bertemu blogger lain yang nantinya bersedia membantu mengangkat brand bisnis Anda. Semakin banyak pertemanan yang Anda jalin dengan teman-teman blogger baru, semakin mudah brand bisnis Anda bisa berkembang. Komunitas yang berisikan kumpulan blogger biasanya disebut dengan Blogosphere.
- Menjaga reputasi Anda
Pemberitaan negatif merupakan hal yang lumrah di ‘dunia maya’, terutama bagi perusahaan yang sedang meningkat popularitasnya di internet. Menghadapi hal seperti ini, Anda bisa menuliskan konten ‘pembenaran’ di dalam blog Anda kapan saja agar reputasi Anda di ‘dunia maya’ tetap terjaga.
* * *
Internet atau ‘dunia maya’ merupakan market yang sangat besar yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Jika Anda terjun di dunia bisnis yang sarat dengan kompetisi, maka setiap kesempatan marketing –baik besar atau kecil– yang menghasilkan benefit atau profit wajib untuk dimanfaatkan sesegera mungkin, dan blog adalah salah satu cara yang paling mudah dan menguntungkan untuk menyebar jaring marketing bisnis Anda.
Selamat nge-blog. ;)

0 komentar:

Posting Komentar